Rumah di Palembang & 17 Pertanyaan Penting

Rumah di Palembang & 17 Pertanyaan Penting

Berikut adalah 17 pertanyaan penting yang perlu anda tanyakan sebelum memutuskan beli rumah di Palembang

1. Apakah rumahnya sesuai budget ? 

Mau sekaya apapun orang, tetap bila beli rumah di Palembang akan menyesuaikan dengan kantongnya. Anda tentu tidak ingin arus keuangan Anda langsung kacau balau bila semua tersedot hanya untuk membeli rumah. Sebelum memutuskan beli rumah di Palembang, coba simulasi kan kondisi keuangan Anda, baik itu bila Anda beli secara cash maupun KPR. Bila secara KPR, berapa DP + biaya biaya yang harus dikeluarkan, berapa nilai angsuran perbulan.

2. Apakah bank bersedia membiayai rumah di Palembang itu? 

Ada beberapa makna dari kesediaan bank membiayai 1 rumah di Palembang.

  • Rumah di Palembang yang bank mau biayai adalah rumah yang bila terjadi gagal bayar akan mudah untuk dilepas ke pasar, artinya rumah itu punya nilai jual kembali. Sementara, Rumah di Palembang yang bank tidak bersedia biayai bisa jadi karena dilekati oleh berbagai isu negatif seperti berada dalam jalur hijau, kondisi fisik hancur, lingkungan tidak punya nilai jual.
  • Selain itu, secara legal artinya rumah di Palembang itu aman. Bank pasti melakukan screening berlapis, dimulai oleh team administrasi, lanjut ke team legal, pemeriksaan oleh notaris, dan terakhir oleh Badan Pertanahan Nasional.
  • Tidak kemahalan. Bila kemahalan bank akan menurunkan plafon pinjaman pembelian rumah di Palembang sampai ke angka yang cukup aman dan likuid bila terjadi gagal bayar. Likuid maksudnya mudah dilepas karena berada di bawah harga pasar sehingga menarik bagi investor.

3. Bagaimana legalitas rumah di Palembang ?  Apa jenis sertifikat nya ?

Sertifikat rumah di Palembang umumnya adalah SHM atau HGB. Rumah yang sertifikatnya HGB biasanya karena Anda beli dari perusahaan dan sertifikatnya menggunakan nama perusahaan tersebut. Menurut ketentuan memang sertifikat yang atas nama PT harus dibuat menjadi HGB. Tapi terkadang dilapangan beberapa pemilik yang rumahnya bukan sertifikat SHM/ HGB bila ditanya pembeli pura pura bodoh dengan mengatakan rumahnya bersertifikat surat keterangan camat / lurah, padahal itu bukan sertifikat, hanya surat pengakuan hak dari pejabat setempat.

4. Bagaimana PBB nya, apakah rutin dibayar & sudah dibayar lunas ?

PBB rumah di Palembang yang tidak rutin dibayar akan berdampak pada terhambatnya proses balik nama saat sudah Anda beli. Dinas pendapatan daerah akan menagih PBB yang tertunggak sebelum Anda dapat membayar PBB tahun terakhir. Dinas pendapatan daerah bahkan akan menagih PBB hingga 10 tahun terakhir, so pastikan riwayat PBB rumah di Palembang yang akan Anda beli lengkap. Jika ternyata PBB bolong bolong dibayar mintalah pemilik untuk melunasi semua tagihan PBB dahulu.

5. Apakah rumah di Palembang memiliki IMB ?

Rumah yang tidak memiliki IMB bisa jadi karena petugas berwenang merasa rumah tidak layak diberikan IMB. Mungkin karena rumah di Palembang itu berada di area hijau, dibangun di area milik jalan, berada dalam aliran sungai, di tanah pemerintah, sedang sengketa, ataupun tidak memiliki sertifikat. Rumah di Palembang yang tidak memiliki IMB dapat dibongkar setiap saat oleh petugas berwenang, karenanya Rumah yang tidak memiliki IMB biasanya juga tidak bisa dibiayai secara KPR oleh Bank. Bank tidak mau ambil resiko rumah dibongkar selama dalam masa pinjaman. Jika Anda terpikir membuat IMB atas rumah di Palembang yang sudah jadi, ada denda dengan nilai yang cukup besar yang menanti Anda bila benar IMB bisa diterbitkan.

6. Bagaimana tagihan listrik dan air ?

Pemakaian listrik dan air bulan ini dibayar dibulan berikutnya. So ketika Anda serah terima pastikan rekening tagihan air dan listrik yang diberikan kepada Anda adalah yang sudah dibayar sampai bulan depan, kalau tidak, tagihan air dan listrik rumah di Palembang itu menjadi tanggungan Anda. Bila daya listrik kecil mungkin tidak seberapa, tapi Anda akan benar benar terasa beratnya bila daya listrik rumah ternyata puluhan ribu watt keatas, Anda mesti keluar uang jutaan. Anda kesal, merasa dicurangi, Anda Tidak mau bayar ? PLN tidak akan mau tahu, siap siap saja meteran listrik Anda dicabut.

7. Bagaimana tingkat keamanan lingkungan rumah di Palembang ? 

Kehidupan Anda ada di rumah dan luar rumah. Saat Anda meninggalkan rumah tentu Anda ingin meninggalkannya dalam keadaan tenang dan tidak ada kekhawatiran. Lingkungan yang aman tidak akan memakan emosi dan perasaan Anda secara tidak perlu. Bayangkan bila lingkungan rumah di Palembang bernuansa tidak aman, walau belum kejadianpun pikiran Anda akan bercabang antara memikirkan pekerjaan dan rumah yang sedang ditinggalkan. Anda kehilangan fokus, produktivitas menurun, sangat disayangkan bukan ?

8. Bagaimana kondisi rumah di Palembang ketika hujan? 

Ada 3 pertanyaan utama terkait hujan ini

  • Apakah saat hujan rumah bocor ?

Kebocoran dapat Anda ketahui dari kondisi plafon rumah. Bila ada flek atau plafon sampai bolong artinya ada kebocoran.

  • Apakah rumah tergenang banjir ?

Pemilik rumah di Palembang mungkin tidak mau jujur, tapi Anda dapat perhatikan bagian bawah dinding rumah, terutama dinding bagian luar, jika ada flek merata di bagian bawah artinya ada genangan. Semakin tinggi flek maka semakin tinggi juga genangan yang terjadi.

  • Apakah air dapat masuk kedalam rumah dari saluran ?

Jangan pikir rumah di Palembang yang berada di tempat tinggi tidak akan kemasukan air bila hujan. Air dapat masuk kedalam rumah dari saluran air kotor, bahkan dari closet jongkok..! Air dapat mengalir balik ke dalam rumah akibat posisi saluran air rumah yang lebih rendah dari ketinggian air di saluran air luar rumah. Anda dapat mengetahui adanya air yang masuk dari saluran melalui flek di dinding sekitaran kamar mandi.

9. Bagaimana kondisi pipa dan saluran air ?

Air adalah isu penting saat Anda sudah tinggal di satu rumah. Anda butuh air untuk masak, mandi, mencuci dan banyak kegiatan lainnya. Beberapa kendala yang dapat muncul seputar pipa: Macet akibat buntu, bocor akibat rusak, dan kendor di sambungan. Bila yang bermasalah adalah pipa yang terlihat / tidak ditanam masih mudah di bereskan, tapi akan sangat pusing bila ternyata yang bermasalah adalah pipa yang ditanam didalam dinding atau lantai rumah di Palembang Anda. Ujilah dulu fungsi pipa dari rumah di Palembang yang Anda beli. Pipa yang bocor atau kendor di sambungan terlihat dari area basah di sekitar saluran / ada area basah di dinding atau lantai. Pipa yang buntu atau rusak terdeteksi dari tidak bisa mengalirnya air secara cepat ataupun tidak mengalir turun sama sekali. Untuk saluran air, pastikan rumah di Palembang Anda dan sekelilingnya punya parit dan saluran pembuangan yang baik. Parit dan saluran yang tidak baik adalah awal dari masalah banjir. Selain itu saluran yang tidak mengalir juga menjadi sumber penyakit, bau, dan masalah kerapian.

10. Apakah ada fasilitas yang harus tersedia di rumah itu ?

Perbedaan profesi membuat perbedaan kebutuhan akan fasilitas yang harus dimiliki satu rumah. Bisa jadi ada yang butuh koneksi internet yang kencang, ada yang butuh fasilitas kesehatan seperti Gym, jogging track, lapangan olahraga, atau butuh line telphone analog. Bila Anda ingin fasilitas yang lebih komplek, Anda bisa memilih membeli rumah di Palembang di dalam komplek perumahan. Semakin besar ukuran komplek maka semakin lengkap fasilitas yang dapat Anda nikmati. Biaya membuat semua fasilitas menjadi rendah dan ekonomis bila jumlah unit rumah yang dibangun banyak. Komplek rumah di Palembang dengan jumlah unit sedikit akan sulit menyediakan fasilitas yang lengkap, biaya pengadaannya akan membebani harga jual rumah.

11. Apakah rumah perlu di perbaiki ?

Bila Anda membeli rumah di Palembang baru dari developer Anda biasanya akan mendapat masa pemeliharaan 3-6 bulan. Tapi tidak bila Anda membeli rumah second di Palembang. Resiko membeli rumah second adalah kondisi yang tidak lagi 100%, dan usaha membuat kondisi menjadi 100% lagi biasanya menjadi tanggungan pembeli. Anda harus siap dengan temuan temuan masalah yang mungkin akan membuat Anda mesti mengeluarkan biaya extra. Bila ternyata benar ada yang perlu diperbaiki, sebelum memutuskan membeli ada baiknya Anda ajak kontraktor Anda agar Anda mendapat masukan seputar :

  • Estimasi biaya perbaikan yang perlu dikeluarkan sejak hari pertama Anda miliki rumah di Palembang itu. Saat Kontraktor sudah memberikan rincian, silakan Anda hitung apakah harga beli ditambah ongkos perbaikan sesuai dengan nilai rumah itu. Bila masih sesuai silakan lanjut, tapi bila membuat nilai rumah di Palembang menjadi diatas harga pasaran, sebaiknya cari opsi lain saja, karena sama saja Anda membeli rumah kemahalan.
  • Estimasi waktu yang diperlukan untuk memperbaiki rumah di Palembang itu. Ada sebagian orang yang memiliki urgensi untuk dapat segera masuk dan tinggal di rumah yang dibeli, bisa jadi Anda pun termasuk. Bila Anda bukan termasuk yang siap dengan perbaikan yang memakan waktu yang lama Anda mesti mencari rumah di Palembang dengan tingkat perbaikan yang rendah.

12. Berapa jarak menuju tempat aktivitas rutin utama Anda / keluarga Anda? 

Ada 2 pertimbangan utama yang paling sering dikemukakan orang yang membeli rumah di Palembang, pertama, dekat dengan tempat kerja, kedua, dekat dengan sekolah / kampus Anak. Rumah yang memakan waktu tempuh yang lama secara tidak sadar akan memakan waktu dan biaya tambahan, yang mestinya waktu dan biaya itu dapat Anda pakai untuk yang lain, misal: waktu dapat dipakai untuk menikmati family time yang lebih berkualitas, biaya dapat dipakai membeli kebutuhan keluarga yang lainnya atau ditabung. Atau alasan sepele lainnya, bila ada barang tertinggal minimal Anda tidak kesulitan pulang dan mengambil barang yang tertinggal itu.

13. Bagaimana menjangkau rumah dari jalan utama? 

Dekat dengan jalan utama artinya dekat dengan angkutan umum. Bisa jadi suatu hari kendaraan Anda masuk bengkel dan terpaksa Anda menggunakan angkutan umum, saat itu posisi rumah di Palembang Anda yang tidak terlalu jauh dari angkutan umum akan sangat Anda syukuri. Rumah yang mudah dijangkau dari jalan utama juga membuat Anda tidak kesulitan menjelaskan posisi rumah Anda kepada teman / keluarga / relasi yang bertanya.

14. Berapa biaya lingkungan setiap bulan? 

Tinggal di komplek atau luar komplek Anda akan dihadapkan dengan biaya sampah, keamanan, dan kerapian lingkungan. Beda lokasi beda tarif. Bila Anda tinggal di perumahan kemungkinan besar biaya – biaya itu digabungkan dalam satu angka, namun bila diluar komplek kemungkinan besar biaya lingkungan dibayar terpisah kepada orang berbeda / kepada siapa yang mengurus. Bagi yang dananya terbatas, biaya lingkungan Rumah di Palembang mesti Anda periksa baik baik, jangan sampai memberatkan Anda sendiri, membuat Anda selalu bermuka masam bila akhir bulan sudah tiba.

15. Apakah dekat dengan fasilitas umum ?

Apa fasilitas umum terdekat yang berada di rumah di Palembang yang akan dibeli ? Semua tentu ingin dengan harga semurah murahnya dapat rumah yang punya fasilitas umum selengkap lengkapnya. Selamat bila Anda menemukan rumah di Palembangseperti itu, jangan sampai tidak dibeli. Tapi biasanya, fasilitas umum ini berkorelasi dengan lokasi, dan lokasi berkorelasi dengan harga. Artinya, siap siap mengeluarkan kocek lebih bila Anda ingin punya rumah yang dekat dengan fasilitas umum yang banyak. Ingin rumah dengan banyak fasilitas umum maka pilihan tentu ada pada rumah di Palembang yang berada di tengah kota.

16. Berapa banyak populasi di sekitar rumah di Palembang 

Ada tiga alasan utama mempertimbangkan populasi disekitar rumah di Palembang :

  1. Alasan safety. Jangan beli rumah di Palembang yang masih sedikit yang tinggal disekitarnya / baru ada Anda sendiri yang tinggal. Bila terjadi keadaan emergency Anda akan kesulitan.
  2. Alasan nilai investasi. Semakin tinggi populasi maka semakin baik terhadap nilai jual dimasa yang akan datang. Ketersediaan semakin sedikit, permintaan terus ada, harga jual rumah di Palembang Anda akan bagus
  3. Alasan Sosial. Anda dapat berbagi cerita dan kebahagiaan bersama tetangga Anda. Saat Anda sedang mengalami kedukaan pun ada yang menguatkan. Anak Anak Anda pun akan tumbuh secara alami dan normal, tidak sekadar hidup dengan gadget dan peralatan elektronik untuk menemani kesepian mereka.

17. Bagaimana citra lingkungan menurut masyarakat ?

Kesenjangan ekonomi dan penyandang masalah sosial membuat beberapa lokasi rumah di Palembang akan menampilkan wajah yang tidak ramah kepada pendatang baru. Adalah pilihan yang buruk bila Anda membeli rumah di Palembang di kawasan yang terkenal dengan kriminalitas, perjudian, prostitusi, dan kekumuhan. Selain citra yang kurang enak akan melekat kepada Anda, lingkungan yang buruk pun bisa mempengaruhi Anda, keluarga, sampai anak – anak Anda. Ada begitu banyak lingkungan yang sehat yang dapat dipilih, jangan paksakan mesti mengambil lokasi dengan citra yang buruk.

 

Itu 17 pertanyaan yang mesti Anda tanyakan, apakah kepada diri Anda sendiri, kepada penjual, juga kepada property agent Anda selama proses pencarian rumah di Palembang idaman Anda. Jangan takut bertanya karena bertanya lebih banyak akan membuat Anda terhindar dari biaya extra, juga menghilangkan kepusingan yang tidak perlu, ya, hanya modal bertanya..

Nah, maukah Anda saya berikan informasi Rumah di Palembang dimana setiap 17 pertanyaan tadi akan mendapat jawaban positif dan bagus semua ? benar benar ada di Palembang satu komplek dengan tingkat kepuasan penghuni yang tinggi. Jika tidak ingin pusing sejak beli sampai tinggal, rumah bebas masalah, pesan saja di Citra Grand City. Ada jaminan komitmen untuk memberikan kepuasan tertinggi bagi para penghuni. Ini 17 alasan bagus mengapa Anda harus membeli di Citra Grand City Palembang

  1. Varian produknya luas, mulai dari 400 jutaan sampai Milyaran, mudah untuk menyesuaikan budget Anda
  2. Dukungan perbankan yang kuat. Ada banyak dukungan mulai dari BCA, BNI, Mandiri, OCBC, CIMB, sampai Maybank. Banyaknya dukungan dari bank tidak lepas dari nama besar dan reputasi sangan pengembang, Ciputra.
  3. Legalitas terjamin aman. Sertifikat rumah HGB yang nanti begitu Anda miliki dapat langsung di tingkatkan ke SHM.
  4. PBB lunas terbayar setiap tahun. Pemilik sudah pegang PBB pecahan sesuai unit masing masing
  5. Rumah 100% sudah dilengkapi IMB
  6. Tagihan air dan listrik ditanggung pemilik baru sesuai bulan kewajibannya
  7. Perumahan ini dilengkapi dengan petugas keamanan 24 jam. Anda telp, maksimal 5 menit petugas akan langsung sampai ke rumah Anda.
  8. Rumah bebas banjir dan jaminan tidak bocor. Bila ada kendala developer memberikan masa pemeliharaan 6 bulan
  9. Kondisi pipa dan saluran air terpelihara baik
  10. Fasilitas rumah sangat banyak. Gym, Lapangan Olahraga, Internet kencang, Jogging track, kolam renang, sampai ke Waterpark, semua ada.
  11. Rumah bila ready stock siap huni, bebas perbaikan.
  12. Lokasi strategis, dari bandara hanya 7 menit
  13. Lokasi komplek persis di tepi jalan raya Alang Lebar
  14. Biaya lingkungan sangat murah, itu pun sudah meliputi keamanan, taman, pemeliharaan lingkungan
  15. Dekat dengan sekolah, rumah sakit, pasar, kantor pemerintahan
  16. Populasi sudah ramai. Komplek sudah diisi oleh banyak penghuni
  17. Citra lingkungan dan komplek Citra Grand City sangat baik. Penghuni dianggap orang orang dengan kemampuan ekonomi yang baik. Komplek juga dipandang sebagai perumahan terbaik di Palembang.

Nah, jika Citra Grand City sudah memenuhi 17 syarat penting dalam memiliki rumah di Palembang, yuk pesan satu, silakan hubungi marketing resminya untuk mendapat penjelasan lebih lanjut. Telp ke : Ernaldi 0823-0602-6777

Leave a Reply

Close Menu