P3M: Pertolongan Pertama Pada Modem

Tahun 2009-2010 kami bertugas sebagai Field Leader MDS di PT. XL Axiata Tbk. Palembang. Beberapa tugas kami diantaranya menelola Dacomm (Data Communication/ Data Corner) di XL Centre Palembang dan PIC di beberapa event Pameran.
Tidak banyak, namun cukup sering pelanggan datang mengeluhkan modem-nya tidak ‘connect’. Lalu berikut adalah penjelasan dan solusi dari kami :
  1. Jelaskan pada pelanggan bahwa kita akan bagi masalah menjadi 3 (tiga) bagian yaitu kartu, modem dan komputer-nya.
  2. Periksa fisik modem, pastikan tidak ada cacat/pecah/patah, bekas terkena air, bekas gigitan ular atau hewan buas lain-nya.
  3. Buka penutup modem dan pastikan kartunya ‘ada’ dan tidak salah posisi.
  4. Jika semua baik-baik saja keluarkan kartu dari modem dan masukan ke HP. Pastikan paket masih terdaftar dan kuota masih tersedia.
  5. Cara cek paket adalah via *123# lalu pilih My Info dan pilih Info Paket. Atau via SMS dengan ketik: INFO kirim ke 868.
  6. Cara cek kuota dengan ketik: KUOTA kirim ke 868 atau lebihbaik dengan akses ke MyXLhttp://123.xl.co.id┬áSampai tahap ini seharusnya kita sudah bisa memastikan paket dan kuota tersisa. Jika semua tersedia maka ‘suspect’-nya adalah modem.
  7. Kembalikan kartu ke modem dan hubungkan dengan laptop demo/ laptop pribadi kita. Lakukan instalasi, setting APN dan coba untuk ‘connect’. Jika sukses maka modem dan kartu baik-baik saja, maka ada kemungkinan komputer/laptop yang bermasalah.
Yang terpenting adalah kita memastikan kartunya tidak masalah (karena kami bekerja di XL, jadi harus dipastikan pertama), kedua modemnya (kalau bermasakah kirim ketempat belinya) dan ketiga kita coba di laptop kita (yang normal) dan terakhir baru dikembalikan ke pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *